Nie Blog punya Que

Medt dateng --- Blog ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, atau bahasa kerennya Beta Version, untuk itu perlu kritik 'n saran dari para blogger senior 'n visitors, Let's Join!.

INDUSTRI

Kamis, 22 Oktober 2009


A. Pengertian Industri Secara Umum

Industri adalah bagian dari peroses peroduksi, yang mengolah bahan mentah menjadi barang baku atau bahan bahu menjadi barang jadi, sehingga menjadi barang bernilai bagi masyarakat.

B. Menurut Undang-Undang

Pengertian industri menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, bahan setengah jadi menjadi barang yang mempunyai nilai lebih tinggi dalam penggunaanya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasa industri.

Penjelasan :

1. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa.

2. Bahan mentah adalah semua bahan yang didapat dari sumber daya alam yang diperoleh dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih lanjut ; seperti kapas, biji besi, kapur dan kayu.

3. Bahan baku adalah bahan mentah yang diolah atau tidak diolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana produksi dalam industri, seperti benang.

4. Bahan setengah jadi adalah bahan mentah atau bahan baku yang telah mengalami satu atau beberapa tahap proses industri yang dapat diolah lebih lanjut menjadi barang jadi, misalnya kain.

5. Barang jadi adalah barang hasil industri yang sudah siap pakai untuk konsumsi akhir ataupun siap pakai sebagai alat produksi, misalnya pakaian jadi.

6. Kegiatan rancang bangun adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perencanaan pendirian industri atau pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya.

7. Perekayasaan industri adalah kegiatan yang berhubungan dengan perancangan atau pembuatan mesin pabrik dan peralatan industri lainya.

C. Berdasarkan Istilah

1. Bahasa latin Industria, artinya buruh atau tenaga kerja/kerja keras

2. Bahasa Prancis, Industrie, artinya semua kegiatan mengolah memproduksi barang kebutuhan hidup

3. Ensiklopedia Amerika, Industy, artinya sekelompok kegiatan yang mengusahakan benda-benda ekonomi dan penggunaanya

D. Menurut Para Ahli

1. Menurut I Made Sandy

Industri adalah usaha untuk memproduksi barang jadi dari bahan baku/bahan mentah melalui proses penggarapan dalam jumlah besar sehingga barang jadi bisa diperoleh dengan harga satuan serendah mungkin, tetapi tetap dengan mutu yang tinggi.

2. Nursid Sumaatmadja

Industri mengandung 2 pengertian, yaitu secara luas dan sempit.

a. Secara Luas

Industri adalah segala aktivitas manusia dibidang ekonomi yang menghasilkan suatu barang atau jasa / adalah sebagai kegiatan manusia memanfaatkan sumber daya.

b. Secara Sempit

Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi/setengah jadi.


3. Menurut George T. Renner

Industry is all man’s economic activities which are produktive (industri adalah semua kegiatan manusia dalam bidang ekonomi yang produktif/menghasilkan barang dan uang).

0 komentar:

Posting Komentar